Selasa, 18 Oktober 2011

Menteri Salim Tukar Pikiran dengan Turki Bahas Masalah Sosial

Selasa, 18 Oktober 2011
Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, sempat bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Turki, Bulent Arinc, dalam perjalanan dinasnya ke Turki. Keberadaan Salim di Turki untuk mengikuti Konferensi Lansia Sedunia di Bursa, Turki yang diikuti 46 negara.

"Dalam pertemuan itu sempat dibahas peluang kerja sama dalam bidang pembangunan sosial," kata Tenaga Ahli Menteri Sosial bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Kehumasan, Sapto Waluyo, kepada wartawan, Senin (3/10).

Setelah pertemuan, Mensos juga berdialog khusus dengan Minister of Family and Social Policies Turki, Fatma Sahin. Dalam kesempatan itu, Fatma Sahin menjelaskan bahwa data Lansia di Turki juga besar. Menurut State Plan Organization sebanyak 5,7 persen (2005) dan akan menjadi 17,6 persen (2050).

Dia menjelaskan bahwa saat ini warga yang berusia lebih 65 tahun sekitar 6,3 persen dari 78,8 juta penduduk Turki atau lebih banyak dari usia anak yakni 0-4 persen.

"Ini trend di negara Eropa dan Amerika, ketika pemerintah harus menanggung Lansia. Berbeda dengan Indonesia yang masih besar populasi produktifnya," kata Fatma.

Di kesempatan itu Fatma mengaku sangat senang mendapat undangan Mensos untuk menghadiri Social Welfare Conference di Jakarta pada 27-30 Oktober mendatang.

Mensos Salim Segaf Al Jufri juga sempat mengunjungi panti sosial di Turki, ditemani Dubes RI Nahari Agustini dan berdialog dengan Sekretaris Jenderal D-8 Dr Widi Pratikto yang menggalang kerja sama delapan negara berkembang, yakni Indonesia, Turki, Iran, Bangladesh, Pakistan, Mesir, Nigeria, dan Malaysia.[ald]
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar