Jumat, 20 Januari 2012

Menhan: Pembelian Tank Leopard Permintaan TNI AD

Jum'at, 20 Januari 2012 15:43 wib ,

JAKARTA - Rencana pemerintah membeli Tank Leopard bekas dari Belanda masih menuai pro dan kontra. Sejumlah pihak menilai tank buatan Jerman ini tidak cocok dengan konsep pertahanan dan kondisi geografis Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusggiantoro berdalih bahwa rencana pembelian Tank tersebut merupakan permintaan TNI Angkatan Darat.

"Sebetulnya ini adalah pertimbangan dari user. Usernya siapa, usernya dari angkatan darat. Yang dari kita itu di dalam shoping list. Dikatakan hanya membeli mean battle tank karena ada light battle tank, ada medium battle tank ada heavy battle tank,” kata Purnomo di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jalan Tirtayasa Raya No. 6, Jakarta, Jumat (20/1/2012).

Sejatinya, lanjut Purnomo, tiga jenis Tank ini cocok di Indonesia. Namun karena keterbatasan dana maka Kementerian Pertahanan memutuskan akan membeli jenis mean battle tank.

"Masalahnya adalah kenapa beli Leopard. Antara pemerintah (Belanda) dan pemerintah (Indonesia) sudah ada pembicaraan. Tetapi kan kita punya parlemen, mereka juga punya parlemen. Urusannya masih belum selesai," tuturnya.

Purnomo pun berharap agar wartawan ikut dalam rapat dengan Komisi I DPR pada Selasa pekan depan. Kita mau bicarakan hari Selasa pukul 10.00 WIB.

Saat ditanya pendapat yang menyebut tank Leopard kuno dan Kementerian Pertahanan juga memperhatikan teknologi alat-alat utama persenjata, Purnomo menolak berkomentar.

"Makanya kita nanti bicarakan di sana. Daripada saya jawabnya mengulang-ngulang terus, lebih baik nanti hari Selasa," tukasnya.
(okezone)
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar