Senin, 30 Januari 2012

TB Hasanuddin: Jangan Sampai Indonesia Jadi Negara Gagal

Senin, 30 Januari 2012.

JAKARTA-Kasus pembakaran rumah dinas Bupati Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan bukti bahwa pemerintah pusat sudah tak efektif lagi dalam mengendalikan dan menyelesaikan problem-problem di daerah.

Tak hanya itu, hingga kini, permasalah lain di daerah terus bermunculan dan belum ada penyelesaian yang signifikan dari pemerintah.

"Jangan sampai deh, negara ini punya predikat sebagai negara gagal (failed state). Demo massa yang terjadi, sesungguhnya sudah dapat dipresiksi, tapi tak ada upaya dari manapun untuk melakukan dialog. Sementara pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM yang meminta agar bupati mencabut SK juga tak digubris. Aparat menjadi apatis dan terkesan adanya pembiaran," kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin, Jumat (27/01/2012).

Dua hari sebelum aksi pembakaran rumah dinas Bupati Bima dibakar massa, aksi anarki juga terjadi di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

TB Hasanuddin mengingatkan kepada pemerintah, bisa saja situasi sama akan terjadi di daerah lain, dan bisa berkembang.

"Situasi seperti ini bisa berkembang ke wilayah lain di seluruh Indonesia. Presiden harus segera melakukan upaya-upaya yang lebih serius lagi untuk antisipasi sesuatu yang tidak diinginkan," kata TB Hasanuddin, mantan sekretaris militer mengingatkan kembali. (*)
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar