Selasa, 07 Februari 2012

Nanggala Mampu Di Dalam Air Selama 52 Hari

Selasa, 7 Februari 2012.

SURABAYA - Setelah diperbaiki total di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Korsel selama 2 tahun, KRI Nanggala kini sudah menjelma menjadi sebuah Kapal Selam Modern.

Kapal bernomor lambung 402 ini dilengkap dengan Torpedo yang mampu mengejar kebisingan. Kapal ini juga bisa dilengkap oleh beberapa misil seperti Exocet, Harpoon dsb. Tak hanya itu dengan kekuatan sonar baru yang bisa kapal ini mampu mendeteksi kapal perang musuh hingga 40 kilometer dengan catatan laut dalam kondisi clear atau jernih. KRI Nanggala diawaki oleh 48 awak, dalam kondisi 100 persen Nanggala bisa berada didalam air hingga 52 hari.

Kolonel (P) Tunggul Suropati, mantan Komandan Satgas Overhoul KRI Nanggala mengungkapkan kapal ini memliki kemampuan menyelam yang cukup baik. " Dalam uji coba kami bisa turun hingga 257 meter didalam laut, dalam keadaan terpaksa maksimal 300 meter " ujarnya.

Kapal selam ini sendiri mampu melaksakan tugas penyusupan, peperangan atas air dan bawah air, penyebaran ranjau terbatas. dan emergensi VIP.
KSAL dan sejumlah pejabat yang menyambut kehadiran kapal selam RI ini menyempatkan diri meninjau bagian dalam kapal.


Kepala Staf TNI-AL, Laksamana TNI Soeparno (tengah), bersama Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq (kanan),5/02. sesaat setelah menerima kedatangan kembali KRI Nanggala-402 di Dermaga Madura, Surabaya, Senin. Kapal selam yang diperbaiki di Korea Selatan ini memperkuat arsenal bawah air Indonesia bersama KRI Cakra-401. (ANTARANews)
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar