Kamis, 16 Februari 2012

Rusuh di Papua, 8 Tewas 10 Rumah Dibakar

Kamis, 16 Februari 2012.Jakarta - Sebanyak 8 orang tewas dan 10 rumah dibakar dalam kerusuhan massa di Kaburaga, ibukota Kabupaten Tolikora, Papua.

Kerusuhan itu dipicu oleh pertikaian dua kubu kandidat calon bupati di Kabupaten Tolikara Papua. Pemilihan kepala daerah Tolikara direncanakan berlangsung 17 Februari 2012. Saat ini merupakan masa tenang dalam tahapan pemilu itu, tapi situasi justru memanas. Dua kubu yang bertikai adalah pendukung dua calon Bupati yang diusung Partai Golkar dan Demokrat.

Dua pasang kandidat kepala daerah Kabupaten Tolikara yang akan mengikuti Pemilukada adalah pasangan John Tabo (incumbent) – H Edi Suyanto dan Usman Wanimbo – Amos Jikwa.

Kadiv Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution membenarkan hal tersebut. Menurutnya pertikaian itu dipicu oleh ketidaksetujuan salah satu calon terhadap Panitia Pemilihan Daerah (PPD) yang dipilih oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Ada pun penyebabnya, adanya dari pihak incumbent, John Tabo dan Edi Suyanto tidak mengakui adanya PPD yang diangkat KPUD Kabupaten Tolikora pada 4 Januari 2010 lalu. Di mana oleh mereka, ini dinilai sangat berpihak pada koalisi," ujar Saud di Mabes Polri, Kamis (16/2/2012).

Sebelumnya, pada 21 Januari 2012 lalu, satu orang tewas, Yusuf Yikwa (16), saat bentrok antara pendukung John Tabo dan pendukung Usman Wanimbo. Bentrokan itu bermula dari saling menghina antar pendukung. Sementara hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian tersebut.

Bentrok mulai memanas lagi sejak Selasa 14 Februari 2012. Bentrokan itu menyebabkan sejumlah bangunan terbakar. Massa membakar posko pemenangan Partai Demokrat. Aksi pembakaran itu menyebabkan kantor Badan Pusat Statistik (BPS) setempat ikut terbakar.

Menurutnya, situasi Tolikara sudah mulai memanas sepekan belakangan. Massa pendukung dua kandidat terlihat saling mempertontonkan kekuatan masing-masing. [INILAH.COM]
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar