Jumat, 02 Maret 2012

PTDI Serahkan 3 Helikopter Bell 412 EP ke TNI

02 Maret 2012 11:00 wib.
BANDUNG -- PT Dirgantara Indonesia (DI) menyerahkan tiga unit Helikopter Bell 412 EP, yang dibagi untuk TNI AD sebanyak dua unit dan satu unit untuk TNI AL di kantor PT DI, Bandung, Jumat (2/3).

Penandatanganan naskah serah terima dilakukan Direktur Utama PD DI Budi Santoso dengan Wakil Asisten Logistis (Waaslog) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Brigradir Jenderal Nengah Widana dan Asisten Logistik (Aslog)Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda Sru Handayanto. Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Aslog Panglima TNI Mayor Jenderal Hari Krisnomo, KSAL Laksamana Soeparno dan Wakil KSAD Letnan Jenderal Budiman.

Menurut Budi Santoso, serah terima ini merupakan awal penyerahan sebagai bagian rencana peningkatan kemampuan Skuadron 12 Serbu Pusat Penerbangan AD (Puspenerbad) dengan kekuatan 32 unit helikopter, terdiri 24 unit helikopter serbu dan delapan unit helikopter serang.

Dijelaskannya, helikopter angkut atau serbu adalah jenis medium dengan kapasitas 15 personel, yang sudah dioperasikan Skuadron 11/Serbu dan Skuadron 21/Sena Puspenerbad. Adapun TNI AL, paparnya, sudah mengoperasikan Bell 412 SP dan Bell 412 HP yang masuk armada helikopter Skuadron 400 Pusat Penerbangan AL (Puspenerbal).

"Helikopter Bell 412 EP ini adalah generasi terakhir dari jenis Helikopter Bell 412, yang pembeliaannya dianggarkan dalam APBN Perubahan tahun anggaran 2011," ujar Budi.

Dia melanjutkan, penyerahan Helikopter Bell 412 EP merupakan realisasi dari alokasi pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) yang bergerak untuk Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (BUMNIP). Pasalnya pemerintah sudah berkomitmen untuk memprioritaskan produk dalam negeri sebagai pemberdayaan industri strategis dalam negeri.republika.co.id
Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar