Kamis, 14 Februari 2013

Gantikan Anis, Sohibul Ingin Perbaiki Citra DPR

Rabu, 13 Februari 2013. Jakarta - Calon Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Sohibul Iman, mengakui citra Dewan sedang dalam keadaan terpuruk sehingga harus menjadi prioritas untuk dibenahi. "Sebagai bagian dari pimpinan, kami ingin fokus memperbaiki citra," kata Sohibul di kompleks parlemen, Senayan, Selasa, 11 Februari 2013.

Untuk memperbaiki martabat Dewan, Sohibul menyatakan akan memperketat pelaksanaan kode etik Dewan. Sohibul juga akan melakukan transparansi seluruh proses di DPR, baik legislasi, penganggaran, maupun pengawasan.

Kualitas dan kuantitas produk legislasi, kata Sohibul, juga akan diperbaiki. Dia mencontohkan, banyak undang-undang yang dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi pada saat diuji materi oleh publik. "Jadi tidak hanya perbaikan jumlah produk legislasi, tetapi juga kualitas," kata Sohibul.

Sohibul juga mengatakan akan membangun sistem yang terbuka dan mudah diakses oleh publik, seperti hasil rapat dan kunjungan kerja serta produk kedewanan. Menurut dia, jika hasil kinerja Dewan bisa diketahui oleh publik, persepsi masyarakat terhadap DPR juga akan semakin baik.

Sohibul menggantikan posisi Anis Matta yang mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR dan anggota DPR. Anis Matta saat ini menjabat sebagai Presiden PKS menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq, yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus impor sapi. Rencananya, pengganti Sohibul akan diumumkan oleh PKS hari ini. (kompas)


Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar