Rabu, 13 Maret 2013

Komisi I DPR Kunjungan Kerja ke Filipina

Rabu, 13 maret 2013. JAKARTA — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat akan melakukan kunjungan kerja ke Filipina selama lima hari, mulai hari ini, Rabu (13/3/2013), hingga Minggu (17/3/2013). Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin mengatakan, ia akan memimpin tim yang berjumlah enam anggota Komisi.

"Dalam rangka pengawasan dan evaluasi penugasan Tim Pengamat Indonesia di Filipina, Komisi 1 DPR RI bersama Kemenlu akan melaksanakan peninjauan ke wilayah Filipina selatan mulai tanggal 13-17 Maret 2013," ujar Hasanuddin, Rabu pagi, di Jakarta.

Ia mengungkapkan, kunjungan itu merupakan tindak lanjut undangan pemerintah Filipina dan Moro Islamic Liberation Front (MILF). Saat ini, kata Hasanuddin, Indonesia telah bergabung dalam International Monitoring Team yang bertugas memantau proses perdamaian antara pemerintah Filipina dengan MILF. Oleh karena itu, lanjut Hasanuddin, pemerintah RI sejak 27 Juni 2012 mengirim Team Pengamat Indonesia (TPI ) yang ditempatkan di pusat Cotabato City sebanyak 1 orang, dan Team Site Cotabato City (2 orang), Team Site Iligan City (2 orang), Team Site Zamboanga City (2 orang), dan Team Site Davao City (6 orang).

Kehadiran Komisi I DPR di Filipina adalah untuk mengawasi kinerja seluruh tim pengamat itu. Adapun, selama berada di Filipina, pada tanggal 14 Maret, tim akan bertemu dengan Kedutaan Besar RI di Manila untuk mengetahui situasi terakhir, kemudian melanjutkan perjalanan ke Davao City.

"Tanggal tanggal 15 Maret, kami menuju Gensan City dan dilanjutkan meninjau team site di sana. Sore harinya, dilaksanakan pertemuan dengan WNI yang bermukim disekitar Tupi/Quilantang," katanya.

Pada tanggal 16 Maret, papar Hasanuddin, tim akan bertolak ke Cotabato City dilanjutkan meninjau team site di sana. Sore harinya, tim akan kembali ke Manila, dan dilanjutkan pertemuan dengan WNI yang ada di sekitar Manila. Pada tanggal 17 Maret siang, tim kembali dari Manila ke Jakarta. (kompas)


Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar