Jumat, 30 Oktober 2015

Kabut Asap Sampai Jakarta, Masyarakat Diminta Jangan Panik!


JAKARTA-Langit ibukota dan sekitarnya akhir-akhir ini mendung. Kabut asap yang terjadi di Sumatera diprediksi sudah berdampak hingga ke Jakarta. Lantas bagaimana efek kesehatan masyarakat Jakarta?

“Tidak perlu terlalu khawatir bagi kesehatan warga Jabodetabek, pasalnya yang sampai ke kita hanya sisa kimianya saja. Sedangkan partikelnya adalah di sumber kabut asapnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr Lies Karmawati di Balaikota Depok, Jumat (30/10/2015).

Lies menambahkan jika udara tersebut terhirup masyarakat Jabodetabek, tidak akan berpengaruh bagi kesehatan ataupun pernapasan. Imbauan memakai masker, kata Lies, justru lebih berbahaya jika menghirup polutan dari dampak asap knalpot kendaraan di ibukota.

“Pakai masker silahkan saja justru yang lebih berbahaya adalah asap polusi udara. Bukan karena dampak kabut asap,” tuturnya.

Hanya saja, kata dia, dampak kabut asap tersebut berpengaruh pada fisik luar masyarakat terutama untuk penglihatan. “Seperti kesehatan mata mungkin iritasi atau mengganggu daya jarak pandang. Tetapi untuk sampai ke dalam tubuh tidak ada dampak bahayanya,” jelasnya.

Hanya saja masyarakat tetap diimbau untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Cukupi konsumsi pola makan hingga asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” tandasnya.

Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar