Senin, 06 Juni 2016

Kerajinan Rotan Cirebon Mengalami Peningkatan


CIREBON - Kerajinan rotan yang berada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mulai mengalami peningkatan permintaan baik dari pasar dalam negeri maupun luar negeri.

"Ada peningkatan permintaan untuk kerajinan rotan baik dalam negeri maupun luar negeri dan ini membuat kami lebih semangat,Untuk kenaikan dalam negeri sekitar 30 persen," kata Pengurus Himki Cirebon Sumarca, Minggu.

Sedangkan untuk pasar rotan masih mendominasi itu wilayah Jawa dan sekarang masuk juga wilayah Sumatera dan ini membuat para perajin rotan di Cirebon kembali bergairah.

"Kelihatan masyarakat juga sudah mulai mencintai kerajinan rotan dan yang terlihat sangat meningkat itu untuk kerajinan kecil seperti tempat duduk anak di motor metik," tuturnya.

Sementara itu untuk pasar luar negeri sekarang ini tercatat 1.500 kontainer setiap bulannya keluar dari Indonesia berupa kerajinan rotan dari Cirebon.

Meskipun menurutnya, belum seperti masa kejayaan yang bisa mencapai 3.000 kontainer, tapi pihaknya sangat optimis bisa seperti dulu, apalagi sekarang ini sudah dilarang ekspor bahan baku rotan.

"Perlahan industri rotan Cirebon naik lagi dan kami berharap terus, agar pemerintah tidak lagi mengizinkan ekspor bahan baku rotan," ujarnya.

Ia juga berharap pemerintah bisa membumikan rotan seperti halnya batik, dimana setelah pemerintah mewajibkan untuk memakai batik khususnya untuk PNS dan Siswa, maka batik terus berjaya.

Dan begitu juga ia berharap, agar instasi pemerintah bisa menggunakan furniture dari kerajinan rotan, maka dapat dipastikan industri rotan makin maju. (Antara/FC)

Bagikan berita/artikel ini kepada teman melalui :

0 komentar :

Posting Komentar